Kamis, 05 November 2015

Pencanangan Gerakan Waspada Cacingan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo

Jakarta, 5 November 2015

Menyadari betapa pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya cacingan, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Johnson & Johnson Indonesia mencanangkan Gerakan Waspada Cacingan hari ini (05/11) di Sasana kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pencanangan dilakukan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Melalui gerakan waspada cacingan, Ketua Umum PKK, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo berharap angka penderita cacingan di Indonesia menurun.

“kami berharap Gerakan Waspada Cacingan bisa memberikan kesadaran yang kuat kepada masyarakat betapa infeksi cacingan dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak kita terganggu. Dan kami berharap masyarakat lebih waspada dan bisa mengambil tindakan pencegahan sedini mungkin.”

Senada dengan dr. Erni, Indriyati Sumarsono selaku Director Retail Johnson & Johnson menghimbau untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan cerdas dengan mengajak seluruh pihak untuk terus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat agar lebih menyadari bahaya cacingan, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan.

Dokter spesialis anak dr. Sri Kusumo Amdani SpA(K) menjelaskan, gejala cacingan muncul ketika cacing sudah berkembang biak dengan jumlah besar di dalam tubuh.

“menurut kementerian kesehatan, obat cacing dapat diberikan pada anak dari usia 4 tahun, namun sebetulnya usia 2 tahun pun sudah bisa jika diperlukan. Karena efek sampingnya ringan, hanya sedikit pusing dan mual untuk orang yang agak sensitif. Kalaupun ada cara mengurangi efek sampingnya yaitu dikonsumsi saat malam hari. Dan dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam setahun” ujar dr. Sri.

Keuntungan minum obat cacing adalah menurunkan angka tidak masuk sekolah. Menurunkan kekurangan gizi hingga 60%. Dan meningkatkan pertumbuhan. Selain menkonsumsi obat cacing, perlunya Pencegajan cacingan seperti kebersihan perorangan salah satunya dengan cuci tangan pakai sabun, menggunakan air bersih, mandi secara teratur, juga pentingnya Kebersihan lingkungan seperti BAB di jamban, buang sampah pada tempatnya. Dan drainase air limbah yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar