Selasa, 06 Oktober 2015

Penanggulangan Katarak bersama Andi F Noya

Jakarta, 6 Oktober 2015

Apa itu katarak? katarak adalah perubahan lensa mata yang seharusnya jernih dan tembus pandang menjadi keruh, akibatnya obyek yang dilihat menjadi kabur dan menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas. menurut WHO (World Health Organization) Penyebab kebutaan global sebanyak 51% adalah penderita katarak.

Dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia, Kemenkes bersama dengan Andi F Noya yang menjabat sebagai Ketua Komite Mata Nasional berharap dapat melancarkan penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan (PGPK) dengan memberikan pendidikan kesadaran kesehatan mata sejak dini.


Komite Mata Nasional dibentuk di bawah Kementrian Kesehatan RI bertujuan khusus untuk menanggulangi kesehatan mata, meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan mata dalam upaya PGPK, meningkatkan sumber daya manusia dibidang Indera penglihatan, meningkatkan kepedulian dan peran serta stake holder termasuk pemerintah daerah.

Namun kondisi geografis wilayah Indonesia yang sangat luas, kurangnya jumlah dan distribusi SDM spesialis mata (dr SpM) dan sistem informasi yang belum berjalan dengan baik menjadi masalah penanggulangan kebutaan di Indonesia.

"Saya tahu ini akan berat sekali, tapi kalau niatnya baik tak ada salahnya membantu". ujar Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar